Guru MI Ikuti Munaqasyah Tilawati

19 November 2015 Berita

Guru kelas 1-3 MI mengikuti diklat membaca Alqur’an dengan metode tilawati selama satu hari, Rabu (10/6), di lokal 6A dan 6B. Pelatihan ini merupakan lanjutan pelatihan sebelumnya yang diadakan Mei 2015. Namun pada pelatihan kali ini, seluruh guru yang telah melakukan pelatihan akan mengikuti tes (munaqasyah) untuk menentukan penguasaan masing-masing guru terhadap metode ini. “Hal ini sangat penting karena guru adalah ujung tombak dalam mengajarkan metode tilawati pada peserta didik. Jika gurunya bermasalah, tentu bacaan anak juga akan bermasalah,” ujar Ustadz Daos Husni, S.Pd.I, salah seorang anggota tim pengajar tilawati.

Sebelum melaksanakan munaqasyah, tim pengajar tilawati mereview kembali buku bacaan tilawati jilid 1-6 dengan menggunakan metode tilawati. Diklat kali ini sangat istimewa, karena dihadiri langsung oleh Ustadz Ali Muaffa, salah seorang penggagas metode tilawati di Indonesia. Setelah melakukan review bersama, masing-masing guru dites bacaan Alqur’annya.

Tim pengajar juga memberikan pedoman kepada seluruh peserta diklat tentang teknik munaqasyah serta visi-misi guru Alqur’an dan bagaimana langkah serta strategi penerapan metode tilawati dalam proses pembelajaran. Sebelum kegiatan diklat berakhir, tim pengajar tilawati yang dipimpin langsung oleh Ustadz Ali Muaffa membagikan hasil munaqasyah kepada masing-masing guru. Hal ini bertujuan agar guru mengetahui apa kesalahan dan kekurangan mereka dalam membaca Alqur’an dengan metode tilawati serta jilid manakah yang boleh mereka ajarkan. [SYI]

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.