Madrasah yang Sehat dan Dinamis

11 January 2016 Artikel

Pengembangan  MP UIN Jakarta 2015 agar di arahkan pada upaya mewujudkan madrasah yang sehat dan dinamis. Madrasah yang sehat adalah madrasah yang dapat menolong dirinya sendiri dan dapat menolong orang lain (memberikan pelayanan yang memuaskan kepada internal dan eksternal). Sedangkan madrasah dinamis adalah madrasah yang memberikan jawaban terhadap perkembangan masyarakat secara cepat, tepat, berdaya guna, dan berkesinambungan.

Sebagai lembaga pendidikan yang sehat, meminjam istilah Daud Yusuf dalam Kompas (4 Nov 2014:12), madrasah harus melahirkan manusia yang berbudaya. Yaitu manusia yang terbina daya cipta, rasa, dan karsanya secara utuh berdasarkan nilai-nilai ajaran agama  dan nilai-nilai budaya bangsa, serta mengabdikan diri bagi kepentingan dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, bahkan dunia.

M. Kamaluddin, dalamon Islamic Civilization, (2010:636), mengatakan bahwa lembaga pendidikan yang sehat adalah lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki ciri-ciri: (1) kedalaman spiritual, (2) keagungan akhlak, (3) keluasan ilmu, dan (4) kematangan profesional. Guna menghasilkan lulusan yang demikian itu, sebuah lembaga pendidikan harus memiliki: (1) guru yang cukup dan professional; (2) masjid yang betul-betul berfungsi, bukan semata-mata sebagai simbol; (3) ma’had (pesantren) sebagai sarana untuk membangun spiritual dan akhlak mulia; (4) kampus yang refresentatif; (5) perpustakaan yang koleksinya lengkap; (6) perkantoran/pelayanan administrasi yang refresentatif; (7) pusat-pusat pengembangan bakat seni dan olah raga; dan (8) sumber pendanaan yang sehat.

Sementara A. Malik Fajar melihat, bahwa sebuah lembaga pendidikan yang sehat adalah lembaga pendidikan yang dapat memadukan antara unsur Hellenis dan Semitis-Scholastik. Lembaga pendidikan Hellenis, yang di Amerika dikenal dengan nama Anglo System,

Adalah lembaga pendidikan yang dinamis, yang program-programnya dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sedangkan lembaga pendidikan Semitis-Scholastik yang program-programnya diarahkan pada pemeliharaan dan pewarisan nilai-nilai agama dan ilmu pengetahuan yang telah diakui keunggulannya oleh masyarakat, agar tercipta keadaan yang aman, tertib, stabil dan berkesinambungan.


Pengirim : Prof. Dr. H. AbuddinNata, MA.

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.