Main Air Yuk ! Selain Seru Banyak Sekali Manfaatnya

14 November 2016 Artikel
Sudah merupakan rutinitas tiap jum’at di TK MP tiap-tiap kelas selalu bergiliran untuk berenang. Berenang merupakan kegiatan yang sangat ditunggu oleh peserta didik TK MP. Jum’at (07/09 2016) peserta didik terlihat lebih menikmati sensasi yang berbeda bermain air. Tidak lagi di kolam renang, mereka menggunakan kolam plastik, kontainer air, busa spons, balon dan bola warna-warni.

Aktivitas memercikkan air, menepuk dan menuangkan air menggunakan busa spons dan gayung mendorong koordinasi tangan, mata, dan juga ketangkasan anak (motorik kasar). Aktivitas ini sangat membantu perkembangan fisik anak.

“Dari sini anak dapat mempelajari bahwa ada beberapa bahan yang dapat menyerap dan tidak dapat menyerap air. Anak juga mempelajari bahwa ada benda-benda yang dapat mengapung dan tengelam di air. Pengalaman sains yang di dapat anak dengan bermain air jauh lebih melekat di memori mereka jika dibandingkan informasi yang di dapat anak secara lisan saja. Inilah yang kemudian disebut dengan Belajar Bermakna. Selain pengalaman sains, dengan bermain air juga dapat mendorong anak untuk berimajinasi,” ungkap Ratu Linda Martina Andriani, ST., MM. selaku Kepala TK MP.

Jadi, bagaimana cara merawat dan mengembangkan potensi peserta didik dengan cara yang menyenangkan? Bermain air adalah salah satu jawabannya. Mungkin sederhana, namun memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan peseta didik TK MP.

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.