Parade Tahfidz

19 November 2015 Berita

Gema lantunan ayat-ayat suci Alqur’an mengiringi pembagian raport kenaikan kelas kali ini. Memang terasa sangat istimewa karena untuk pertama kali pembagian raport tingkat MI dimulai ba’da dzuhur, sambil menggelar Parade Tahfidz yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (26-27/6).

Parade Tahfidz merupakan “demonstrasi hafalan” ayat-ayat Alqur’an khususnya Juz 30 oleh peserta didik MI Pembangunan UIN Jakarta. Peserta didik yang turut serta dalam Parade Tahfizd dibagi ke dalam 7 kelompok. Kelompok Arrahim bertugas melafalkan Surat At-Takatsur hingga Surat An-Naas. Kelompok Al-Malik bertugas melafalkan Surat At-Takatsur hingga Surat Al-Maun. Kelompok As-Salam melafalkan Surat Al-Zalzalah hingga Al-Qori’ah.

Kelompok Al-Karim melafalkan Surat Al-‘Alaq hingga Al-Bayyinah.  Kelompok Al-Waliyyu melafalkan Surat As-Syams hingga At-Tiin. Kelompok Umar Bin Khatab melafalkan surat At-Thoriq hingga Al-Balad. Adapun kelompok Utsman Bin Affan melafalkan Surat An-Naba’ hingga Al-Buruj.

Saat tampil di atas panggung, setiap kelompok maju bergantian sesuai pembagian hafalan Surat Al-Qur’an yang telah ditentukan. Tidak sekedar melafalkan, mereka juga diuji dengan cara melanjutkan ayat. “Ini dilakukan agar mereka fokus dan dapat belajar menyimak. Sehingga peserta yang tampil dalam satu grup sama-sama berkonsentrasi dengan ayat yang sedang dibacakan oleh temannya,” ujar Nurmala Sari, S.Pd., salah seorang pembina ekskul Tahfidz. Tidak hanya para pembina ekskul tahfidz yang menguji para penghafal Alqur’an cilik ini, para penonton juga bisa (boleh). [SYI].

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.