Persiapan Akreditasi MI

15 August 2017 Berita

Untuk menghadapi proses akreditasi bulan Oktober mendatang, MI Pembangunan sudah sejak Mei lalu berbenah mempersiapkan bak menyambut sang tamu terhormat yang akan berkunjung. Tim Akreditasi MI sudah di-SK-kan dan langsung melaksanakan rentetan rapat pra-akreditasi, kurang lebih 2-3 kali rapat dalam seminggu.

Drs. H. Sugiono selaku Kepala MI menyampaikan bahwa tantangan akreditasi tahun ini adalah “bekerja keras”. Karena sebelumnya sudah mendapat nilai yang tinggi, minimal nanti harus mendapat nilai yang sama. Ditambah interval penilaian berubah, jika sebelumnya 86 sudah bisa mendapat nilai A tapi sekarang harus mencapai nilai 91 baru mendapat nilai A. Beliau berharap standar-standar yang sudah disyaratkan dan disusun sedemikian rupa dapat dicapai oleh kerja keras tim akreditasi. Pencapaian tantangan yang terbesar adalah pada standar sarana dan prasarana karena mutlak tidak boleh kurang dari nilai 60.

Putri Aula Pertiwi, S.K.M., wakil kepala bidang kurikulum, menambahkan ada 8 standar penilaian yang akan dibidik di antaranya: standar isi, standar proses, standar kriteria lulusan, standar pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Dalam mendukung persiapan 8 standar tersebut, Tim Akreditasi MI melibatkan pula unit lain yaitu unit Pendidikan dan Pengajaran, Keuangan dan Kepegawaian, Umum, dan Perpustakaan. “Target Juli dan Agustus diharapkan sudah beres,” tambahnya. [us] 

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.