Kurikulum Aliyah

Perkembangan dan perubahan dalam kehidupan berma-syarakat, berbangsa, dan bernegara perlu segera ditanggapi dan dipertimbangkan dalam bentuk penyusunan kurikulum baru pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. 

Madrasah Pembangunan UIN Jakarta telah menetapkan pilar keunggulan sebagai landasan berpijak dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada basic sains, bahasa, dan akhlaqul karimah. Dengan penetapan tersebut membawa konsekuensi logis pada perubahan kurikulum. Hal ini menjadi motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan lagi prestasi dan reputasi lembaga ini dalam melahirkan lulusan atau output yang andal sesuai mottonya. 

1. Ruang Lingkup KBM Madrasah Aliyah (MA) 


a. Program Pembinaan Kepesertadidikan 

Habitual curriculum atau kurikulum pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dengan materi pembinaan akhlak dan kepribadian serta pembiasaan ibadah. 

Program pembinaan kepeserta didikan (30 menit pada awal pembelajaran) berisi bahan-bahan kajian yang diambil sebagai pengembangan dari beberapa mata pelajaran dan cakupan materinya meliputi: 

1) Al-Quran – Hadits 

Materi Al-Quran – Hadits disusun mengacu kepada kaidah-kaidah serta tujuan kurikuler seba-gaimana yang terdapat dalam Kurikulum sesuai dengan tingkatannya, dengan penekanan pada: 

  • Mempraktikkan kemampuan membaca Al-Quran dengan tartil. 
  • Mempraktikkan kemampuan membaca Al-Quran sesuai dengan bacaan yang telah ditentukan. 

2) Aqidah Akhlak 

Materi Aqidah Akhlak mengacu kepada kaidah-kaidah serta tujuan kurikuler sebagaimana yang dikehendaki oleh kurikulum sesuai dengan tingkatannya, dengan penekanan pada: 

  • Kemampuan menunjukkan akhlaq yang baik dalam pergaulan antar sesama manusia. 
  • Kemampuan menunjukkan akhlaq yang baik terhadap orang tua dan guru. 

3) Fiqih 

Materi Fiqih disusun mengacu kepada nilai-nilai dan kaidah-kaidah serta tujuan kurikuler sebagai-mana terdapat dalam kurikulum sesuai dengan tingkatannya, dengan penekanan pada: 

  • Kemampuan melaksanakan shalat Dhuha dengan benar dan baik. 
  • Menghayati pentingnya melaksanakan shalat. 
  • Kemampuan menjadi imam shalat, memimpin dzikir dan do’a. 

4) PKn dan Bahasa Indonesia 

Materi PKn disusun mengacu kepada nilai-nilai dan kaidah-kaidah serta tujuan kurikuler sebagai-mana terdapat dalam kurikulum sesuai dengan tingkatannya, dengan penekanan pada: 

  • Kemampuan menghormati dan menghargai pendapat orang lain sesuai norma bangsa Indonesia. 
  • Kemampuan untuk berani berbicara dan mengemukakan pendapat di muka umum. 
  • Memberikan masukan/kritik atas penampilan teman sekelas 


b. Tahsin dan Hafalan/Tahfiz 

Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta memberikan penekanan sangat serius pada kemampuan membaca Al-Qur’an, karenanya kepada setiap peserta didik diharuskan memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik. 

Peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik diharuskan mengikuti kegiatan tahsin atau Bina Baca Al-Qur’an (BBQ). Kegiatan ini dilaksanakan usai kegiatan belajar mengajar dibawah koordinasi kelompok guru mata pelajaran/konsorsium agama. 

Di samping itu peserta didik juga diharuskan dan didorong untuk menghafal Al-Qur’an dengan materi hafalan Juz 28, 29 dan 30 ditambah hafalan bacaan shalat, zikir dan doa harian. Hafalan disetorkan melalui wali kelas atau guru pendamping dengan alokasi waktu khusus. 


c. Program I Can Speak dan Apresiasi Seni Peserta Didik 

MA Pembangunan UIN Jakarta membuat program I Can Speak (ICS). Program tersebut dibuat untuk memberikan kesempatan peserta didik untuk meningkatkan dan mengembangkan bakat peserta didik dalam ber-komunikasi dan berbicara di hadapan publik dengan menggunakan beberapa bahasa asing. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebulan sekali. 

Selain itu, untuk memberikan kesempatan dan mewadahi bakat siswa dalam bidang seni, MA Pembangunan UIN Jakarta membuat program Apresiasi Seni Siswa dengan menampilkan perwakilan tiap kelas. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali secara bergantian dengan program I Can Speak. 


d. Kelas Bahasa 

MA Pembangunan UIN Jakarta, sejak tahun pelajaran 2015/2016 sudah dibuka kelas Bahasa di kelas X. Mulai tahun 2016/2017 sudah ada 4 kelas Bahasa, yang terdiri dari 2 kelas di kelas X dan 2 kelas di kelas XI. Tujuan dibentuknya kelas Bahasa tersebut adalah untuk membiasakan atmosfir berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan pada Bahasa asing, khususnya Bahasa inggris, Bahasa Arab dan Bahasa asing lainnya. 

Program utama adalah kelas Bahasa di kelas X adalah program utama yaitu pembelajaran regular TOEFL. Dan kelas XI adalah pembelajaran regular IELTS. Selain itu ada program-program tambahan lain yang mendukung program kelas Bahasa tersebut. 


e. Muatan Lokal Riset 

Mulai tahun pelajaran 2016/2017, MA Pembangunan sudah dirintis dan dilaksanakan Muatan lokal di bidang Riset. Hal tersebut bertujuan untuk melatih, membiasakan, dan melatih budaya penelitian sederhana untuk siswa di tingkat SMA/MA dan sebagai persiapan siswa-siswi untuk menghadapi pembelajaran di perguruan Tinggi yang pada umumnya adalah meneliti, dan menulis karya Ilmiah.

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.