Kurikulum Ibtidaiyah

RUANG LINGKUP KBM

Sejak tahun pelajaran 2003/2004 MP UIN Jakarta menetapkan kebijakan pembelajaran untuk tingkat Ibtidaiyah sebagai berikut:

1. Habitual Curriculum (HC)

Habitual Curriculum merupakan pembinaan akhlak selama tiga puluh lima menit pada awal jam pelajaran pertama setiap hari. Muatan materinya berupa hafalan do’a-do’a, surat-surat pendek, pembacaan surat-surat panjang maksimal 5 ayat, dan tausiah akhlak.

2. Struktur Program

Struktur program pengajaran untuk tingkat Ibtidaiyah mengacu pada kurikulum Permenag No. 02 Tahun 2008 dan Permendiknas No. 22, 23 dan 24 Tahun 2006 yang dimodifikasi menjadi kurikulum khas Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.

  • Materi Basic Sains

Porsi materi basic sains lebih banyak dari yang ditetapkan dalam Struktur Kurikulum 2006.

  • Materi Bahasa

Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa asing mulai diajarkan pada kelas I sampai dengan kelas VI sebagai upaya menghadapi era global.

  • Materi Akhlakul Karimah

Materi akhlakul karimah terintegrasi pada mata pelajaran agama yang tertuang dalam KBM dan Habitual Curriculum.

  • Reading Habit (RH)

Pembiasaan membaca (reading habit) sejak dini dilaksanakan dalam jadwal dan peserta didik diberi kesempatan memilih dan membawa buku sendiri, tetapi tetap dalam pengawasan guru.

  • Jam Tatap Muka (JTM)


3. Penuntasan Target Kurikulum

  •  Kelas I

Untuk peserta didik yang termasuk kategori lambat dalam hal baca – tulis diberikan remedial setelah jam belajar dua kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam belajar, mengingat target kelas I ketika naik ke kelas II disyaratkan harus lancar membaca, menulis dan berhitung (calistung).

  • Kelas II

Sebelum keluar, peserta didik melakukan ibadah shalat dengan benar. Untuk peserta didik kategori lemah dalam pelajaran membaca huruf Al-Quran dibina secara khusus dua kali seminggu setelah jam belajar. Hal ini untuk mengantisipasi beban belajar di kelas selanjutnya.

  • Kelas III - VI

Setelah jam belajar selesai, untuk peserta didik kategori lambat dalam membaca Al-Quran dan pelajaran Matematika diadakan remedial dan tahsin Al-Quran. Hal ini untuk tetap memper-tahankan ciri khas  bahwa lulusan dari MI Pembangunan UIN Jakarta dapat membaca Al-Quran dengan lancar dan dapat beribadah shalat dengan benar.

  • Pembuatan LKS

Lembar Kerja Siswa (LKS) dibuat/disusun oleh para guru Madrasah Pembangunan UIN Jakarta untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi ulangan semester dan ujian akhir. Di samping itu, pembuatan/penyusunan LKS berguna untuk mengasah dan menggali keterampilan guru.

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.