Struktur Kurikulum MTs

Secara garis besar struktur dan muatan kurikulum MTs. Pembangunan UIN meliputi 4 kelompok (konsorsium) mata pelajaran, yaitu: 

  1. Kelompok mata pelajaran Agama, yaitu: Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Khot/Kaligrafi 
  2. Kelompok mata pelajaran Bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. 
  3. Kelompok mata pelajaran MIPA, yaitu: Matematika, IPA Terpadu (Biologi, Fisika, Kimia), dan TIK/ Prakarya. 
  4. Kelompok mata pelajaran Umum, yaitu: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), IPS Terpadu (Geografi, Ekonomi, Sejarah), Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan Bimbingan Konseling (BK).

Pengelompokan mata pelajaran di atas dilakukan melalui beberapa pertimbangan, antara lain kedekatan sifat, esensi dan substansi mata pelajaran, efektivitas kerja sama kelompok dan jumlah guru dalam satu kelompok mata pelajaran. Setiap guru yang tergabung dalam kelompok guru mata pelajaran melakukan musyawarah kelompok mata pelajaran, menyusun dan melaksanakan program kerja kelompok dikoordinir oleh ketua dan sekretaris konsorsium.

Muatan kurikulum MTs. Pembangunan UIN meliputi sejumlah mata pelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai dengan kelas IX.

© 2015 Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. All rights reserved.