
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mendidik di Madrasah Pembangunan (MP), pada hakikatnya mempersiapkan masa depan, menyiapkan mereka untuk hidup di masa depan yang lebih baik, dengan cara mengembangkan potensi dan kecerdasan yang mereka miliki, serta menumbuhkan karakter atau akhlak yang ada pada mereka sehingga kualitas karakternya lebih baik, kemampuan literasinya berkembang lebih variatif dan empat kompetensi (creativity, critical thinking and problem solving, communication dan collaboration) mereka dapat tumbuh dan berkembang selama berada di madrasah.
Ketiga komponen atau keterampilan utuh tersebutlah yang dibutuhkan pendidikan Abad- 21. Fokus pendidikan Abad-21 tidak ditentukan oleh kualitas inputnya, tetapi ditentukan oleh kualitas proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Untuk mencapai kualitas proses pembelajaran yang baik sangat ditentukan oleh kualitas kompetensi guru dan inovasi kepala madrasahnya, karena pada dasarnya keunggulan suatu madrasah ditentukan oleh dua hal, yaitu pembelajaran dan kepala madrasahnya.
Sesuai visinya yang mengapresiasi semua potensi peserta didik, maka MP menerapkan sistem kecerdasan ganda (multiple intelligences system) dalam proses pembelajaran sebagai konsekuensi penetapan visi tersebut sekaligus sebagai “distingsi” dari madrasah lain. Penerapan Multiple Intelligences System diawali dengan perubahan paradigma civitas akademika khususnya para guru bahwa semua peserta didik adalah “bintang”, semua peserta didik yang belajar di MP adalah “cerdas”.
Dalam penerimaan peserta didik baru, MP menerapkan Multiple Intelligences Research (MIR) bagi semua peserta didik. MIR merupakan alat riset untuk memetakan “potensi” dan kondisi kecerdasan peserta didik. Dengan hasil MIR tersebut guru harus menerapkan metode mengajar yang TEPAT dan SESUAI dengan gaya belajar peserta didik sehingga proses pembelajarannya menyenangkan – “the best process”. Sedangkan bagi orang tua, hasil MIR dijadikan pedoman untuk memberikan stimulus kepada anak-anaknya berupa kegiatan kreatif dan permainan yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Kesesuain program pembelajaran di madrasah dan kegiatan kreatif yang didesain orang tua akan mempercepat ketercapaian kondisi akhir terbaik peserta didik.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh