Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

Sambutan Direktur Pendidikan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Madrasah/Sekolah Islam Pembangunan Yayasan Syarif Hidayataullah Jakarta satu di antara lembaga pendidikan yang terus berupaya melahirkan generasi emas dengan ragam kompetensi mutakhir yang dibutuhkan masyarakat luas, mulai dari kecakapan pengetahuan (knowledge), skill psikomotorik, serta pembentukan nilai karakter atau penguatan akhlak al-karimah yang menjadi distingsi lembaga pendidikan Islam. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai para peserta didik sejatinya tidak memiliki arti apa pun jika tidak ditopang dengan kepribadian dan perilaku positif sebagai bekal interaksi dalam mengarungi kehidupan yang luas. Terlebih pada era keterbukaan (revolusi industri 4.0 dan 5.0) yang menuntut semua lulusan memiliki kompetensi tambahan yang sesuai dengan zamannya.

Oleh karena itu, implementasi pembelajaran yang dilakukan di Madrasah/Sekolah Islam Pembangunan harus lebih adaptif dengan memberi keleluasaan bagi setiap pendidik, peserta didik dapat mengembangkan kompetensinya secara lebih terbuka dan berdampak pada kemanfaatan orang lain. Proses pembelajaran bukan sekadar rutinitas toutologis yang hanya mengisi waktu, tetapi harus berubah menjadi aktifitas yang dapat membawa dampak perubahan bagi murid, dari aspek pengetahuan, skill psikomotorik, hingga perubahan perilaku keseharian. Habitual Kurikulum yang menjadi ciri Madrasah/Sekolah Pembangunan seperti, tartil membaca Al-Quran sesuai hukum tajwid dan makharijul huruf, pembiasaan shalat Dhuha diharapkan terus menjadi habit positif para peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Melalui ragam kegiatan pembelajaran dan dukungan program penguatan nilai karakter diharapkan akan muncul kreatifitas dan perubahan cara berpikir kritis, sikap santun peserta didik dalam berbagai lini kehidupan.

Untuk mencapai tujuan tersebut berbagai langkah pun dilakukan, mulai dari kebijakan penerapan kurikulum merdeka yang lebih mengedepankan pola pembelajaran aktif learning, perubahan orientasi pembelajaran dari teacher oriented ke student oriented, hingga sumber belajar yang diperluas dengan memanfaatkan teknologi sebagai media hantarannya. Sistem pendidikan harus diperkuat melalui kegiatan nyata para pelaku pendidikan Madrasah/Sekolah Islam demi terwujudnya pendidikan yang lebih berkualitas.

Ketika proses pendidikan diidentikkan dengan interaksi edukasi antara guru murid, keberadaan keduanya menjadi komponen signifikan yang saling melengkapi. Dalam menghadapi era abad 21 guru peserta didik yang handal perlu dibekali dengan ragam keterampilan (Fauzan: 2020; 164), yaitu: pertama, life and career skill, bentuk keterampilan yang mengarah pada fleksibilitas belajar dan inisiatif mengatur kehidupannya. Kedua, learning and innovation skills, bentuk kemampuan dalam menyelesaikan masalah, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan berpikir, bekerja kreatif dan ketiga, information media and technology skills, bentuk keterampilan dalam mengolah informasi, media teknologi yang berkembang. Untuk menjaga eksistensi dan stabilitas kehidupannya, di era ini guru peserta didik membutuhkan keterampilan tersebut tanpa boleh ditawar lagi. Saking penting posisi keduanya, bentuk kebijakan kurikulum yang diterapkan pemerintah pun, semua sangat bergantung pada kesiapan dan kematangan gurunya dalam menjalani kegiatan pembelajaran di kelas.

Pembelajaran kreatif hanya dapat diimplementasikan oleh seorang guru yang memiliki kemerdekaan berpikir, berkreasi, dan berinovasi dalam pada saat pembelajaran tatap muka atau pembelajaran dalam jaringan dilakukan. Semua bentuk dan model pembelajaran sangat bergantung pada kesiapan dan kemerdekaan guru dalam memilih metode pembelajaran. Guru kreatif adalah guru yang memiliki kemerdekaan berpikir dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran, guru yang selalu berpikir untuk keberlangsungan pembelajaran yang bermakna bagi para peserta didik.

Usaha dan ikhtiar yang dilakukan Direktorat Pendidikan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta terus mengadaptasi berbagai kebijakan kurikulum baru, mengupgrade kemampuan tenaga pendidik dengan tuntutan zaman, mewujudkan program penguatan nilai karakter yang lebih aplikatif, serta melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai tool dalam kegiatan pembelajaran. Semoga Madrasah/Sekolah Islam Pembangunan terus tampil sebagai lembaga pendidikan yang bermutu seiring tuntutan kebutuhan zamannya. [ ]

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh